[Lomba] Jadilah Orang Kreatif!



 Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Menulis Blog : Berantas Blogger Copas Bersama Web Hosting Indonesia 




 
Kalo ada say no to drugs, sekarang harus ada say no to copas!
Apa sih copas tuh? Yang nganterin orang-orang? Bukan, itu kopas. Ini Copy-paste, sebuah kegiatan yang sangat dilarang, siapapun itu, mau bayi mau nenek-nenek kaga boleh yang namanya copas. Itu melanggar hak cipta. Mari kita Berantas Blogger Copas !

Copas ini sangat tidak relevan guys, sekarang udah zaman tablet masih aja niru-niru, please be creativie like me -_- copas juga ngerugiin tau ngga? coba deh pikirin, lo udah buat tulisan itu selama tujuh puluh dua tahun lamanya dan akhirnya malah dicopas sama orang, terus orangnya kaga minta izin dulu. Rugi ngga lo? rugi kan?! nah, kalo udah tau ini rugi, mari kita berantas orang yang suka copas.

Sekedar curhat nih, blogger tukang copas itu ngga banget. Kalau memang dia belum bisa bikin sebuah tulisan atau artikel coba bikin suatu cerita atau mungkin buatlah blogmu itu jadi kayak diary, gampang,kan? Cuma ceritain kisah keseharian kita.

Atau bisa lho kita bikin 'How to Make' diblog, belakar resep dari orang lain, lalu kita share diblog, atau mungkin bikin posting yang useless (keseringanku). Usul saya sih, kalau memang belum dapat ide lakukan cara berikut, siapa tau bermanfaat
  • Ambil satu benda
  • Pandang terus benda itu, lalu kamu deskripsikan benda itu.
Langkah yang mudah untuk menemukan ide (saya) seperti itu, biasanya dari sana saya temuin ide-ide liar. Bisa juga lo bikin postingan tentang pelajaran yang lo kuasai banget, pasti bisa kan ngejelasin lewat tulisan, misalnya judulnya 'Pertambahan dan Pengurangan' lo jelasin deh sampe detail-nya.
Seorang penjiplak pasti punya alasan, entah apa itu alasannya, yang gue tau Blogger tukang copas biasanya pengen viewers-nya banyak, segunung. Tapi, kalo isinya sama kaya yang di sebelah? ya sama aja. Saya kasih tau ya biar blognya terkenal pake domain, itu serasa milik kita sendiri, kalo Nama Domain-nya nama kita sendir kan gampang diingat orang, terus orangnnya juga akan blogwalking ke situ. Mau beli domai beli aja ke Web Hosting Indonesia.

Oh ya, copas tidak diperbolehkan untuk dipake sama hal yang ngga-engga, coba nih cara copas yang sopan dan santun, kagak akan digebukin orang, misalnya lo lagi ada tugas bikin artikel, dan ada temen lo yang punya fotonya, lo minta izin ke dia, terus jangan lupa kasih tau di artikel lo itu, bahwa itu foto milik temen lu, beres. Kasih tuh informasi fotonya milik siapa, kaya daftar pustaka di buku aja. Kalau lo lagi Blogwalking, dan saat lo baca, mata lo berbinar-binar, suka banget dengan tulisan itu. Biasanya kita diperbolehkan nge-share, so ngga usah jadi tukang copas deh.

Biar blog aman dari copas, kita bisa proteksi dengan script-script khusus, gue pernah baca buku blog, dan katanya blog bisa diproteksi. Caranya gampang kok tinggal masukin kode-kode tertentu ke HTML/Java Script, it was easy bro.



Buat  blogger-blogger yang suka copas, mari kita perbaiki sifat jelek itu, itu menurut saya itu sama aja dengan mencuri. jadilah blogger yang sehat!

Komentar

  1. Sip!! Berantas Blogger Copas... :)

    oh iya, tips nyari idenya bagus, jadi seumpama mau mendiskripsiin "nenek peyot" jadi gampang.. tinggal diliatin aja itu nenek . mueeheehe,,,

    BalasHapus
  2. iya bener banget, itu ajang latihan menulis buatku heheheh

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review] Lost Novel by Eve Shi

[Review] Aishiteru

[Review] Koala Kumal